UA-24447797-3
Subscribe
Your Partner in Designing, Evaluating and Learning on Program and Policy

Tangga Open Data

Tim Berners-Lee, penemu Web dan inisiator Linked Data, memberikan gambaran mengenai skema penyebaran Open Data menjadi 5 tingkatan, masing-masing diberi tanda dengan bintang satu sampai dengan bintang lima.

5star-stepsTersedia di web dalam format apapun tapi dengan lisensi terbuka.

Tersedia di web dengan lisensi terbuka, berupa data terstruktur yang dapat dibaca oleh mesin misalnya dalam format XLS atau format lain yang termasuk dalam format proprietary.

Tersedia di web dengan lisensi terbuka, berupa data terstruktur yang dapat dibaca oleh mesin dalam format nonproprietary misalnya CSV bukan XLS.

Tersedia di web dengan lisensi terbuka, berupa data terstruktur yang dapat dibaca oleh mesin dalam format non-proprietary, menggunakan standar terbuka dari W3C (RDF dan SPARQL) untuk mengidentifikasi berbagai macam hal, dan pengguna data bisa mengidentifikasi pihak-pihak yang menyediakan data.

Tersedia di web dengan lisensi terbuka, berupa data terstruktur yang dapat dibaca oleh mesin dalam format non-proprietary, menggunakan standar terbuka dari W3C (RDF dan SPARQL) untuk mengidentifikasi berbagai macam hal, dan pengguna data bisa mengidentifikasi pihak-pihak yang menyediakan data. Di tingkatan ini terjadi kolaborasi sehingga pengguna data sekaligus bisa berperan sebagai penyedia data. [SAM]

src: http://www.w3.org/DesignIssues/LinkedData.html
img src: http://5stardata.info/

This post is also available in: English

3 Comments
  1. Teigha Viewer cocok untuk Anda yang bekerja dengan CAD file hanya untuk melihat data tanpa melakukan editing yang kompleks. Atau untuk Anda yang ingin membuka CAD file untuk di konversikan ke format dan versi yang lain.

  2. tersangka, format data, pengembangan barang bukti mengrekontruksi kejahatan yang dilakukan dan mengumpulkan lebih banyak data. Data yang didapat mungkin saja mengarah ke IP address tertentu, nama-nama file yang ada, system name, jenis file dan isinya, software yang terinstall, motif, cara dan tools lain yang digunakan dapat kita ungkap. Format data harus menjadi perhatian kita karena ada banyak system yang standar sampai yang non standar, data yang terkompresi, dienkrpsi biasanya data yang menjadi perhatian adalah data yang telah dihapus atau sengaja disembunyikan dengan metode enkripsi tertentu.

  3. baru tau kalo skema penyebaran data di bagi menjadi 5 tingkatan dengan rating yang berbeda pula, sangat bermanfaat artikelnya. terimakasih

Leave a Reply

Current month ye@r day *

ENGLISH