UA-24447797-3
Subscribe
Your Partner in Designing, Evaluating and Learning on Program and Policy

Open Data di mata masyarakat *)

SinergantaraCSO/NGO yang bergiat di bidang anggaran.

Ada kebutuhan terhadap data, selama ini mendapatkan data dengan cara klasik yaitu mendapatkan data melalui pengajuan/permintaan data ke instansi pemerintah, data yang diperoleh berupa hardcopy. Beberapa sudah mulai memanfaatkan internet untuk mencari data misalnya dengan cara browsing ke website-website pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, namun mereka merasakan bahwa yang didapatkan masih jauh dari mencukupi dengan kata lain ketersediaan data yang dibuka untuk publik masih sangat kurang.Data yang didapatkan dengan cara ini berupa berkas dalam format PDF dan XLS.
Kelompok ini mengharapkan pemerintah merevolusi cara penyajian data, sehingga yang akan datang tersedia data lebih baik, lebih banyak, serta mudah diakses, sehingga setiap kebutuhan masyarakat akan data bisa didapatkan dengan mudah.

Komunitas ICT

Ada kebutuhan akan data, selama ini data didapatkan dengan cara browsing web dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia di berbagai layanan yang menyertai gadget terkini. Harapan ke depan, data-data yang sangat banyak sekali yang sebetulnya dibutuhkan masyarakat, bisa disediakan oleh pemerintah tanpa menutup kemungkinan anggota masyarakat juga ikut berperan-serta sebagai penyedia data. Sebaiknya data-data ditampung dalam suatu database besar atau semacam repository dan mirror-mirror yang tersedia di berbagai tempat, di mana data tersebut menggunakan lisensi terbuka sehingga banyak pihak bisa menggunakan data tersebut untuk kebutuhannya, misalnya untuk penelitian, pengembangan teknologi.

Komunitas netter/pengguna internet

Kebutuhan akan data ada, data didapatkan dengan cara browsing. Data-data yang tersedia saat ini dipandang sudah cukup banyak data tersedia misalnya data pemerintahan, struktur organisasi, layanan masyarakat, data hotel,restotan,tempat wisata, kontak, kotak saran, galeri kegiatan, berita-berita lain terkait, bahkan ada pengumuman penerimaan pegawai. Adanya data terbuka dipandang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Ini juga merupakan sarana pendidikan, promosi, dan alat komunikasi antara pemerintah dengan rakyat. Sebaliknya pemerintah juga bisa mendapatkan input atau masukan dari rakyat untuk bahan analisa dan pegambilan keputusan yang tepat.

*) Berdasarkan temuan sementara Riset Open Data in Developing Countries yang dilakukan oleh Sinergantara bekerjasama dengan Web Foundation dan IDRC.

This post is also available in: English

Leave a Reply

Current month ye@r day *

ENGLISH