UA-24447797-3
Subscribe
Your Partner in Designing, Evaluating and Learning on Program and Policy

Ekosistem Open Data

Open Data, khususnya Open Government Data, pada dasarnya bertujuan menyediakan data atau informasi yang dapat digunakan oleh user (masyarakat, NGO, peneliti, konsumen, dll) untuk memenuhi kebutuhannya. Proses penyampaian informasi dari penyedia data ke user terjadi melalui suatu ekosistem tertentu.

ekosistem-opendata

Ekosistem itu disebut “Ekosistem Open Data”. Bagaimana ekosistem open data? Salah satu skenario dari ekosistem open data adalah seperti pada gambar di atas.

Dalam hal ini, data yang disediakan oleh pemerintah ketika dibuka ke publik, tidak semuanya dapat langsung dimanfaatkan oleh masyarakat atau pengguna lainnya. Sebagian data baru bermanfaat jika telah diolah oleh aplikasi-aplikasi di web. Sebagian data lainnya baru bermanfaat ketika data tersebut telah “diterjemahkan” atau “dikontekstualisasikan” oleh intermediaries (orang/lembaga yang menjembatani pemahaman atas data).

Aplikasi-aplikasi di web yang dimaksud (web services) biasanya merupakan layanan yang dibangun oleh masyarakat atau oleh perusahaan komersial. Contoh aplikasi adalah Google Maps, dan DPT (Daftar Pemilih Tetap). Sedangkan intermediaries dalam ekosistem open data ini biasanya adalah NGO, media massa, aktivis IT atau perusahan yang secara volounteer maupun komersial berkepentingan untuk mejadikan informasi/data di pemerintah dapat dimanfaatkan oleh user. Intermediaries seringkali juga memanfaafkan Apps yang ada di web, bukan langsung mengambil dari data source di pemerintah langsung.

Proses translasi/penerjemahan/kontekstualisasi data adalah mulai dari membawakan data dari bentuk digital ke dalam bentuk tercetak, hingga mengolah ulang data sehingga masyarakat dapat menggunakan data itu sesuai kepentingan dan latar belakang pengetahuannya. Misalnya adalah proses bagaimana menyampaikan informasi tentang pertanian (situsasi pasar komoditas, kebijakan pertanian, data iklim, perkembangan teknologi pertanian, dsb) kepada petani di desa terpencil. [ICS]

This post is also available in: English

Leave a Reply

Current month ye@r day *

ENGLISH