UA-24447797-3
Subscribe
Your Partner in Designing, Evaluating and Learning on Program and Policy

Open Government Partnership Summit 2013

Open Government Partnership, gerakan yang dimulai dua tahun lalu, mengadakan pertemuan tingkat tinggi tahunan di London pada 30 Oktober – 1 November 2013. Open Government Partnership (OGP) adalah inisiatif internasional yang bertujuan mendorong pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan transparansi, memberantas korupsi, memberdayakan warga, dan mengembangkan teknologi baru untuk memperkuat tata pemerintahan. Indonesia dan tujuh negara lain adalah pendiri inisiatif ini, dan akan mengetuai gerakan ini bersama Meksiko pada periode 2012 – 2014.

Peserta Open Government Partnership Summit ini adalah perwakilan dari pemerintah, pengusaha, dan NGO dari 61 negara. Indonesia mengirimkan wakil dari pemerintah (Wapres, DPR, Setneg, Kedutaan), NGO (INFID, BIGS, PATTIRO, FITRA, Transparency International Indonesia), dan media (Tempo, Detik, Kompas, MediaLink). Sinergantara hadir sebagai peserta dari kalangan NGO. Para peserta berbagi pengalaman dari perspektif negara masing-masing mengenai bagaimana keterbukaan memengaruhi pelayanan publik, pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, pemberantasan korupsi, dan kepercayaan rakyat pada pemerintah.

Sinergantara attended Open Government Partnership Summit 2013

Sinergantara attended Open Government Partnership Summit 2013

Acara yang berlangsung dua hari ini terdiri dari beberapa sesi umum dan terfokus yang dilaksanakan parallel. Agenda pertemuan hari pertama mencakup diskusi-diskusi seputar membangun sinergi dengan warga menggunakan open data, keterbukaan di berbagai sektor, institusionalisasi partisipasi publik dalam pembuatan keputusan publik, teknologi untuk open government, dan sebagainya. Hari kedua diisi dengan pembahasan elemen-elemen kritis open government, masa depan open government terkait dengan partisipasi anak dan pemuda, keterbukaan sektor swasta (open private sector) dalam memberi dampak sosial dan akuntabilitas perusahaan, dan diskusi kaukus regional (Afrika, Asia, Eropa, Amerika), serta country action plans per pasangan negara. Sinergantara yang sedang menjalankan program Penelitian mengenai Inisiatif Open Data pada Transparansi Anggaran Nasional di Kementrian Keuangan Indonesia berbagi banyak pengalaman berharga dengan negara-negara lain, khususnya dalam sesi diskusi kelompok open data.

Kuntoro Mangkusubroto, kepala UKP4 Indonesia, akan mengetuai gerakan OGP dari pemerintah pada periode selanjutnya bersama Julián Alfonso Olivas Ugalde dari Meksiko. Pertemuan diakhiri dengan pengumuman mengenai kompetisi OGP in 2014. Kompetisi ini akan menilai pemerintah negara mana yang paling berhasil membangun kemitraan dengan warga.

This post is also available in: English

Leave a Reply

Current month ye@r day *

ENGLISH