UA-24447797-3
Subscribe
Your Partner in Designing, Evaluating and Learning on Program and Policy

Kolaborasi Open Data Berlangsung di ITB

Sinergantara-ITBPerkumpulan Sinergantara, yang saat ini sedang melakukan Riset Open Data in Developing Countries bersama Web Foundation (Inggris), bersama Open Knowledge Foundation Jerman baru saja melakukan kunjungan ke Kampus ITB (2/5) untuk mewujudkan kolaborasi open data bersama masyarakat sipil, Pemerintah, dan Perguruan Tinggi. Merealisasikan open data ini dimaksudkan untuk meningkatkan kegunaan open data untuk menunjang layanan publik makin baik, transparansi penggunaan anggaran, perencanaan pembangunan makin baik, dan mendorong sektor usaha bisa membuak keputusan bisnis dengan menggunakan data yang disediakan pemerintah.

Direktur Eksekutif Sinergantara Ilham Cendekia Srimarga menguraikan pentingnya realisasi open data untuk memberikan kontribusi dalam tata kelola pemerintahan yang baik sekaligus menyiapkan Pemerintahan Bandung secara khusus sebagai praktik terbaik digitalisasi pemerintahan yang menunjang kerja pemerintah kota. “Realisasi open data bisa dimulai dengan mendorong masyarakat sipil berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi dan Pemerintahan untuk memberikan akses data baik secara wujudnya dan format yang memudahkan. Tentunya prosesnya hanya bisa terjadi apabila masyarakat sipil melakukan upaya-upaya yang positif dan tidak konfrontatif dengan pemerintah. Perlu diupayakan usaha kolaboratif,” demikian Ilham menguraikan di ruang Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Kelompok Keilmuan Rekayasa Perangkat Lunak dan Data ITB.

Dr Saiful Akbar dari ITB senada mengungkapkan bahwa Perguruan Tinggi dalam posisi memberikan stimulus terhadap perkembangan teknologi dalam upaya inovasi di pemerintahan dan masyarakat. Inovasi tersebut hanya dapat direalisasikan dengan upaya yang sangat kolaboratif.

photo-itb-1

photo-itb-2

photo-itb-3

photo-itb-4

Pada kesempatan tersebut, Daniel Dietrich dari Open Knowledge Foundation Jerman, melihat bahwa kerjasama antara NGO dan perguruan tinggi seperti ini sangat bagus dan sering berhasil di negara-negara lain, seperti pengalaman di Berlin (jerman). ITB, Web Foundation, dan Sinergantara melihat peluang yang sangat bagus untuk menjadikan PemerintahanKota Bandung sebagai contoh penerapan Open Data di Indonesia, bahkan sangat mungkin sebagai salah satu champion Open Data.

This post is also available in: English

Leave a Reply

Current month ye@r day *

ENGLISH