UA-24447797-3
Subscribe
Your Partner in Designing, Evaluating and Learning on Program and Policy

Game My Village Masuk Kota Bandung

Rahmat Jabaril, Innovator Kampung Kreatif

Rahmat Jabaril, Innovator Kampung Kreatif

Bandung sebagai salah kota besar di Indonesia yang memiliki problematika kompleks dalam penataan kota membutuhkan teknologi dan inovasi. Termasuk dalam hal penataan kampung, yang memiliki karakteristik kampung padat namun memiliki kreativitas yang tinggi. dan dipenuhi oleh warga yang selalu ingin perubahan. Hal ini senada dengan keinginan walikota Bandung Ridwan Kamil yang ingin menjadikan Bandung sebagai pelopor Smart City di Indonesia.

Sinergantara menyambut hal tersebut dengan menerapkan aplikasi Game My Village (GMV) di Kota Bandung. Sebagai aplikasi untuk membantu perencanaan wilayah, sebelumnya GMV telah sukses diterapkan di sejumlah desa di Bojonegoro (Propinsi Jawa Timur) dan Kendal (Propinsi Jawa Tengah). GMV telah memberi kesempatan pada warga desa, yang sangat ingin melihat perubahan desanya, untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dalam penentuan rencana pembanguan desa.

Menurut inovator Kampung Kreatif Bandung, Rahmat Jabaril, aplikasi GMV akan membuat pembangunan kampung di Kota Bandung lebih sesuai kebutuhan masyarakat, karena dengan GMV ini persoalan sosial tervisualisasikan secara jelas.

Survey dan Pendataan GMV di Dago Pojok

Survey dan Pendataan GMV di Dago Pojok

Survey dan Pendataan GMV di Dago Pojok

Survey dan Pendataan GMV di Dago Pojok

Sejak tanggal 7 April 2015 Tim Sinergantara telah melakukan pengambilan data di RW 3 Dago Pojok, Kelurahan Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung. Pengambilan data ini menggunakan aplikasi GMV Track, yaitu aplikasi yang diinstall dalam smartphone dan digunakan untuk pengambilan data menggunakan foto. Setelah proses pendataan ini, GMV direncanakan akan dilanjutkan dengan proses memfasilitasi perencanaan pembangunan kampung partisipatif.

Suasana Kampung Dago Pojok, Bandung

This post is also available in: English

Leave a Reply

Current month ye@r day *

ENGLISH