UA-24447797-3
Subscribe
Your Partner in Designing, Evaluating and Learning on Program and Policy

Data Terbuka Akan Berdampak pada Pembangunan

Anggota Komisi V DPR RI  bidang Perhubungan dan Infrastruktur,  Dr. Hetifah Sjaifudian mengungkapkan tentang pentingnya data terbuka dalam mendorong pembangunan makin baik. “Dalam mengambil keputusan dalam pembangunan, data yang berkualitas dan mudah didapatkan akan mendorong dengan sendirinya kualitas pembangunan,” demikian ungkap Hetifah. Hal ini dinyatakan oleh Dr. Hetifah Sjaifudian dalam Workshop Open Data yang diselenggarakan oleh Sinergantara (30/4) di Cikini Jakarta yang bekerjasama dengan Web Foundation dan International Development Research Centre. Pada workshop tersebut dihadiri oleh perwakilan direktorat Jenderal Anggaran Departemen Keuangan RI, Pegiat Open Data, dan berbagai organisasi nirlaba transparansi anggaran.

Kondisi open data saat ini, demikian Ilham Cendekia Srimarga – Direktur Eksekutif Sinergantara- sudah cukup maju seperti apa yang dilakukan Kementrian Keuangan, namun belum memiliki kedalaman yang cukup untuk memungkinkan terjadinya pemanfaatan data data oleh masyarakat. Data yang telah dibuka sudah bagus, namun belum dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya dari kalangan organisasi masuyarakat sipil untuk membantu kerja-kerjanya di bidang akuntabilitas sosial. Kesimpulan itu didapatkan setelah tim riset open data Sinergantara melakukan pengamatan terhadap data yang diterbitkan oleh Kementerian Keuangan.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Berbagai praktik open data di berbagai belahan dunia yang telah diselidiki oleh Web Foundation sebagai pembanding dalam kasus Indonesia mengungkapkan hal serupa tentang butuhnya sebuah kedalaman dan detailnya data. Riset itu memperlihatkan impak yang begitu besar terhadap open data yang detail  terhadap kegiatan bisnis, layanan publik, dan transparansi. Maka mendorong open data, demikian Web Foundation, akan memberikan imbal balik tidak hanya untuk masyarakat tetapi juga negara.

” Bagaimanapun dalam mengambil keputusan pembangunan membutuhkan data yang benar dan terbuka.Karena pemangku kepentingan pembangunan tidak hanya pemerintah belaka, juga organisasi nirlaba, pebisnis,peneliti dan masyarakat luas yang membutuhkan data terbuka dalam setiap keputusan yang mereka ambil,”  pungkas Dr. Hetifah Sjaifudian.

This post is also available in: English

Leave a Reply

Current month ye@r day *

ENGLISH