UA-24447797-3
Subscribe
Your Partner in Designing, Evaluating and Learning on Program and Policy

Bojonegoro Segera Implementasikan Revolusi Data di 10 Desa

unnamed

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro segera mengimplementasikan inisiatif revolusi data dalam waktu dekat ini. Pilot project revolusi data tersebut akan dilaksanakan di 10 desa di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Untuk mendukung inisiasi revolusi data itu, Pemerintah Bojonegoro akan bekerja sama dengan Sinergantara. Selain Sinergantara, mitra lain yang diajak berkolaborasi adalah perusahaan minyak dan gas Mobil Cepu Limited, yang merupakan perusahaan gabungan Pertamina dan ExxonMobil. Pemerintah Bojonegoro menganggarkan dana dari APBD Perubahan untuk implementasi inisiasi revolusi data. Selanjutnya, akan ada tambahan 20 desa lagi di Bojonegoro yang menjadi tempat piloting revolusi data.
Kolaborasi antara Pemerintah Bojonegoro dan Sinergantara merupakan upaya membangun revolusi data dengan menyediakan data real time dan dalam jumlah yang besar (real time dan big data). Pembangunan revolusi data ini untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan berdasarkan data yang real time. Pemerintah Bojonegoro dengan komitmen yang kuat dari Bupati Bojonegoro, Suyoto, aktif melakukan inovasi terkait sistem pendataan kependudukan. Kerjasama sebelumnya antara Pemerintah Bojonegoro dan Sinergantara adalah pilot project perencanaan pembangunan berbasis teknologi komunikasi Game! My Village (GMV).
Revolusi data menjadi penting karena untuk mengukur keberhasilan pembangunan membutuhkan data. Data perlu terus menerus diperbaharui. Sedangkan yang seringkali terjadi adalah data yang terlambat dirilis dan telat diperbaharui sehingga sulit dijadikan basis untuk pengambilan keputusan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), mendefinisikan revolusi data sebagai “data yang dapat membantu pemerintah mengecek kemajuan dan mengambil keputusan serta mendukung akuntabilitas”. Revolusi data tidak hanya merupakan semata-mata menyangkut pemerintah tetapi juga pelibatan kerjasama antar berbagai pihak, termasuk swasta, organisasi internasional dan organisasi masyarakat sipil. Revolusi data dimaksudkan agar ada aksi perubahan yang transformatif dalam agenda pembangunan. Pembangunan selama ini kerap terkendala masalah data yang belum real-time. Revolusi data akan membantu perbaikan sistem pengumpulan dan penggunaan data agar mendorong proses transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan.

Leave a Reply

Current month ye@r day *

ENGLISH